Dewan Minta Revisi Dewas RSUD Bulukumba

RSUD Sulthan Dg Radja Bulukumba

Diurnal.id, Bulukumba–Anggota DPRD Bulukumba, Muhammad Bakti dari Fraksi Partai Gerindra meminta Pemerintah Daerah untuk melakukan revisi Dewan Pengawas (Dewas) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Dg Radja.

Laporan yang sampai kata Ketua Komisi D DPRD Bulukumba itu, Pemerintah Daerah (Pemda), Inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak mendapatkan adanya masalah.

“Kami kan rujukannya ada sama mereka, makanya selama ini kita sudah percaya informasinya,” ujarnya, Senin (27/01/2020).

Padahal dua diantara lima Dewas RSUD Sultan Dg Raja Kabupaten Bulukumba sebagai keterwakilan masyarakat melanggar aturan yang berlaku.

Hal itu termaktub dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) nomor 79 tahun 2018 Tentang Badan Layanan Umum Daerah Pada pasal 17 poin 6 huruf F dan G yang berbunyi “Berijazah paling rendah Strata 1 dan berusia maksimal 60 tahun.”

Legislator Dapil II meliputi Gantarang-Kindang itu mengatakan agar sebaiknya Pemda mengikuti perintah Permendagri dalam mengeluarkan SK.

“Kalau berbicara aturan Undang-undang maka harus diganti, ini perintah UU,saya dukung itu kalau mau ditata ulang,” kata Ketua Fraksi Gerindra itu.

Ia melanjutkan bahwa meskipun sebagai keterwakilan masyarakat, tapi Dewas yang dipilih juga harus paham dengan tupoksinya, dalam hal ini berlatar belakang Kesehatan yang sesuai aturan Permendagri.

Selain itu, Ketua Dewas RSUD Sultan Dg Radja Bulukumba, Andi Bau Amal telah meminta kepada pihak Sekertaris Dewas untuk segera melakukan telaah dan merevisi keputusan Bupati terkait SK.

“Untuk tahun 2020 sudah harus kita ubah bersama dengan hal-hal teknis lainnya dan harus diberlakukan awal tahun januari ini,” ungkap Sekda Bulukumba itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here