FIFA Bereaksi Perangi Corona, Akan Donasikan Rp150,8 Miliar ke WHO

Diurnal.id, Zurich – Induk organisasi sepak bola dunia, FIFA bereaksi atas mewabahnya Coronavirus (Covid-19) di berbagai belahan dunia. FIFA berencana mendonasikan USD 10 juta atau setara Rp150 miliar kepada WHO untuk memerangi pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino. Dana solidaritas itu diharapkan bermanfaat bagi WHO dalam meredam wabah Corona, mengingat sampai saat ini, belum ditemukan obat dan vaksin virus tersebut.

Presiden FIFA menyampaikan usulan itu pada rapat telekonferensi bersama sejumlah pejabat FIFA lainnya. Infantino ingin organisasi yang dipimpinnya ini ambil bagian dalam mendukung memerangi pandemi Covid-19.

“Saya mengusulkan FIFA memberikan kontribusi langsung 10 juta dolar AS ke Dana Solidaritas Covid-19 WHO. Ini sebagai bentuk solidaritas proaktif untuk tindakan khusus melawan krisis Corona,” ujarnya di situs resmi FIFA, Rabu (18/3/2020).

Selain itu, Infantino juga akan mengusulkan pemberian dana bantuan sepak bola global ke negara-negara anggota FIFA yang persepakbolaannya terdampak oleh Corona.

Dampak Corona memang dirasakan oleh Infantino. FIFA dengan terpaksa rencana kongres tahunannya di Addis Ababa, Ethiopia, yang seharusnya digelar 5 Juni 2020 diundur hingga 18 September 2020.

Dampak lain yang dirasakan FIFA, UEFA dan CONMBEOL harus menunda  turnamen Euro dan Copa America ke tahun depan, yakni 2021.

FIFA juga mulai mengkaji ulang opsi penyelenggaraan Piala Dunia Antarklub edisi inagurasi format 24 tim yang rencananya digelar di Negara China pada musim panas 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here