Riza Patria Terpilih Jadi Wagub, Dampingi Anies di DKI Jakarta

Diurnal.id, Jakarta – DPRD DKI akhirnya resmi menyelesaikan rangkaian pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI yang akan mendampingi Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Senin (6/4/2020).

Voting atau perhitungan suara yang dilakukan DPRD DKI, Cawagub asal Gerindra, Riza Patria pun terpilih sebagai Wagub DKI Jakarta mengganti posisi Sandiaga Uno yang mundur dari jabatannya pasca menyatakan maju pada Pemilu 2019 sebagai Cawapres Prabowo.

Riza Patria menang dengan perolehan 81 suara. Anggota dewan yang memiliki hak pilih berjumlah 106 anggota. Namun pada kesempatan itu, hanya 100 anggota yang hadir.

Nurmansjah Lubis sendiri dari PKS yang merupakan rival Riza, hanya mengumpulkan perolehan 17 suara. Sementara, suara tidak sah sebanyak 2 suara.

Paripurna pemilihan Wagub DKI Jakarta dilakukan dengan voting tertutup. Anggota dewan menggunakan hak suara di bilik suara yang telah disediakan.

Selain pemilihan yang dilakukan tertutup, sejumlah pembatasan juga dilakukan selama paripurna berlangsung. Hal itu mengingat saat ini masih dalam penanganan wabah virus Corona.

Pada paripurna tersebut, meja anggota dewan diberi jarak dan satu meja, satu anggota dewan. Undangan yang hadir juga nampak sangat sedikit.

Tak hanya itu, awak media juga tidak diizinkan untuk meliput secara langsung. Di sisi lain, DPRD DKI tidak dapat menampilkan proses paripurna secara live streaming.

Akhirnya, live streaming hanya dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui channel Youtube Pemprov DKI Jakarta. DPRD DKI tampaknya tidak siap melakukan live streaming. Di sisi lain, DPRD DKI hanya memiliki dua akun medsos, yakni facebook dan twitter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here