Dua Pelaku Dihadiahi Timah Panas, Curnak di Bulukumba Diringkus

Pelaku saat diamankan pihak kepolisian

Penangkapan itu juga berdasarkan keterangan tiga orang rekannya yang tertangkap

BULUKUMBA–Anggota Resmob Polres Bulukumba akhirnya kembali meringkus tiga orang pelaku komplotan pencuri hewan ternak (Curnak) yang meresahkan warga.

Mereka merupakan residivis sekaligus spesialis perampokan ternak yang meresahkan warga di Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (29/9/2020) lalu.

Tiga pelaku yang berhasil diringkus Resmob Polres Bulukumba yakni UM (49), warga Desa Lembang Lohe, AL (42), warga Desa Bontomarannu, dan AM (39), warga Desa Lembang Lohe, Kecamatan Kajang, Bulukumba. Dua diantaranya udah ditembak petugas.

Pelaksana Harian Kasat Reskrim Polres Bulukumba, Ipda Muh Dasri, mengaku bahwa pelaku tertangkap pada Minggu 27 September 2020 lalu. Penangkapan terhadap tiga orang pelaku itu berawal dari tertangkap basah oleh petugas.

“Ketiga pelaku ini merupakan residivis dan spesialis pelaku perampokan ternak di Kecamatan Kajang, Bulukumba. UM, AL dan AM juga sekaligus Daftar Pencarian Orang (DPO) polisi,”kata Ipda Muh Dasri.

Dasri menjelaskan, penangkapan itu juga berdasarkan keterangan tiga orang rekannya yang tertangkap. Itu, anggota Resmob Polres Bulukumba melakukan pengembangan ke TKP dan mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku.

“Jadi pelaku kita amankan secara terpisah (lokasi berbeda), satu kita amankan di Desa Lembang Lohe, Kajang. Satu di Desa Pataro, Kecamatan Herlang lalu kemudian yang terakhir di Desa Bontorannu, Kecamatan Kajang. Mereka juga masih kelompok Kajang yang kerap meresahkan warga, ”ungkapnya.

Dia tertangkap setelah tertangkap. Ketiganya langsung dilakukan interogasi, pelaku mengaku telah beraksi perampokan tenak sapi lebih dari dua tempat kejadian perkara (TKP) di Kecamatan Kajang.

“Mereka mengakui jumlah lokasi yang dilakukan perampokan sebanyak lima TKP semuanya masuk di Kecamatan Kajang,” jelasnya.

Namun, saat dilakukan oleh pengembangan sekaligus penunjukan tempat penyimpanan ternak hasil kuriannya. Dua orang yang berusaha melawan petugas dengan cara senjata api milik anggota Resmob Polres Bulukumba.

“Dalam perjalanan pelaku UM dan AL malah memberontak dan mencoba merampas senjata api anggota. Sehingga dengan izin dua pelaku ini kami lumpuhkan dengan timah panas pada bagian betis, ”tegas Dasri.

Sebelum pelaku UM dan AL dilumpuhkan, polisi telah memberikan peringatan ke udara sebanyak tiga kali. Hanya saja, tembakan peringatan tersebut tak dihiraukan pelaku. Usai dilumpuhkan, kedua pelaku kemudian dievakuasi ke RSUD Sultan Daeng Radja Bulukumba guna mendapatka perawatan medis.

Barang buktipun berhasil mengamankan tangan pelaku berupa tujuh ekor sapi berbagai jenis tanpa kelengkapan dokumen kepemilikan sah, serta satu unit mobil toyota avansa hitam dalam melakukan aksi perampokan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here